Inventaris merupakan stok atau persediaan barang/produk yang dimiliki oleh perusahaan, kantor, atau pabrik. Persediaan barang/produk merupakan modal utama bagi perusahaan. Tentunya persediaan barang/produk harus dijaga semaksimal mungkin, karena menjadi penentu berdirinya perusahaan. 

Semakin besar perusahaan, semakin banyak persediaan produk atau barang yang harus dikelola. Untuk menyelesaikan hal ini, dibutuhkan suatu sistem yang dapat memudahkan pengelolaan inventaris perusahaan. Permasalahan seperti kerugian bisnis karena barang expired yang menumpuk dan fluktuasi permintaan konsumen membuat inventaris tidak terurus atau terkelola. 

Berikut ulasan pentingnya mengelola inventaris dalam sebuah bisnis. 

Mengurangi Penyusutan 

Penyusutan dalam hal inventaris adalah perbedaan antara stok yang ada dengan apa yang dicatat dalam catatan inventaris perusahaan. Selain itu, penyusutan juga dapat terjadi karena kesalahan manusia, seperti pencurian atau kesalahan pencatatan. 

Peningkatan Layanan Konsumen 

Perhitungan inventaris yang akurat akan memengaruhi pelayanan untuk para konsumen. Karena, jika terdapat kesalaha dalam perhitungan stok akan memengaruhi kepercayaan konsumen. Menawarkan pemesanan ulang atau menunggu stok tersedia menjadi pilihan bagi para konsumen. 

Membantu Analisis Tata Letak Gudang 

Persediaan barang dalam sebuah bisnis tentunya memiliki perbedaan dari volume, bentuk, berat, dan batas waktu pemakaian. Perbedaan inilah yang harus diletakkan ditempat yang berbeda – beda sesuai dengan tipenya masing – masing. 

Ketidakrapihan atau tidak sistematis pada penataan persediaan stok atau barang juga menjadi permasalahan, karena nantinya setiap SDM akan merasa bingung untuk mencari persediaan barang. Pengelolaan persediaan barang juga merupakan pekerjaan yang cukup kompleks, karena hal tersebut akan berdampak pada pengurangan keuntungan. 

Fitur ‘Inventory Management’ hadir untuk bisnis Anda, inventaris perusahaan akan terkelola secara online, mulai dari pendataan persediaan bahan baku hingga bahan jadi (siap dipasarkan). Dengan adanya fitur ini dari Propertek, bisnis Anda tidak akan kerepotan mengatur atau mengelola persediaan barang di perusahaan. 

Siap kelola inventaris bisnis dengan Propertek? Kunjungi website dan hubungi sales Propertek.

Baca juga artikel selanjutnya di sini 

Sumber : 

Pentingnya Mengelola Inventaris untuk Kelangsungan Bisnis

https://www.jurnal.id/id/blog/pentingnya-mengelola-inventaris/#:~:text=Dengan%20mengelola%20inventaris%20akan%20membantu,setiap%20produk%20selama%20periode%20waktu

Leave a Comment

Member Group of Nusatek.id

Copyright © 2020 Design by PT Nusantara Graha Manajemen