Sumber Gambar: Freepik.com
Mungkin ada Sobat Propertek yang bertanya-tanya, “apa itu inventaris?” Inventaris adalah stok atau persediaan barang/produk yang dimiliki oleh perusahaan, kantor, atau pabrik yang menjadi modal utama. Tentunya persediaan barang/produk harus dijaga semaksimal mungkin karena menjadi penentu berdirinya perusahaan.
Semakin besar perusahaan, semakin banyak persediaan produk atau barang yang harus dikelola. Untuk menyelesaikan hal ini, dibutuhkan suatu sistem yang dapat memudahkan pengelolaan inventaris perusahaan.
Oleh karena itu, simak artikel di bawah ini untuk mengetahui pentingnya mengelola inventaris untuk kesuksesan bisnis Anda.
Mengelola inventaris dengan baik adalah salah satu faktor penting yang dapat menentukan kelancaran operasional dan keberhasilan bisnis. Tanpa sistem manajemen inventaris yang efektif, Anda berisiko menghadapi masalah seperti kelebihan stok, kekurangan barang, atau bahkan pemborosan biaya.
Oleh karena itu, berikut adalah beberapa manfaat mengelola inventaris dalam bisnis yang perlu Anda ketahui:
Penyusutan dalam hal inventaris adalah perbedaan antara stok yang ada dengan apa yang dicatat dalam catatan inventaris perusahaan. Selain itu, penyusutan juga dapat terjadi karena kesalahan manusia, seperti pencurian atau kesalahan pencatatan.
Perhitungan inventaris yang akurat akan mempengaruhi pelayanan untuk para konsumen. Hal ini terjadi jika terdapat kesalahan dalam perhitungan stok, maka akan mempengaruhi kepercayaan konsumen. Menawarkan pemesanan ulang atau menunggu stok tersedia menjadi pilihan bagi para konsumen.
Persediaan barang dalam bisnis memiliki berbagai perbedaan, seperti volume, bentuk, berat, dan batas waktu pemakaian yang memerlukan penataan yang sistematis. Ketidakrapihan dalam pengelolaan stok dapat membingungkan SDM dan berdampak pada pengurangan keuntungan.
Sumber Gambar: freepik.com
Dengan pengelolaan yang tepat, Anda dapat menghindari kelebihan atau kekurangan stok, mengurangi biaya penyimpanan, dan memastikan produk tersedia saat dibutuhkan pelanggan. Berikut adalah beberapa cara mengelola inventaris bisnis yang efisien:
Pilih tenaga kerja yang kompeten untuk mengelola inventaris, serta dapat memberikan laporan akurat dan bertanggung jawab terhadap pengontrolan stok inventaris.
Pastikan keamanan gudang dengan pemasangan CCTV dan memberikan akses terbatas hanya pada yang berwenang untuk mencegah pencurian atau penyusutan barang.
Pemisahan produk berdasarkan kategori atau kode seperti SKU dan barcode akan mempercepat pengecekan dan meminimalkan kesalahan atau kehilangan barang.
Lakukan pemantauan rutin terhadap stok dan audit berkala untuk menghindari kekosongan atau barang yang tidak terjual. Pastikan catatan sistem sesuai dengan kondisi fisik stok.
Mengelola inventaris bisnis yang efisien bukan hanya meningkatkan alur operasional bisnis, tetapi juga berpengaruh besar pada penghematan biaya dan kepuasan pelanggan.
Untuk mempermudah proses ini, Propertek hadir dengan fitur ‘Inventory Management’ yang dapat membantu Anda mengelola inventaris secara otomatis dan efisien. Dengan sistem ini, Anda dapat memantau stok barang, mengatur pengiriman, serta meminimalisir kesalahan pencatatan.
Segera hubungi kami dan mulailah meningkatkan manajemen bisnis Anda dengan menggunakan Propertek!
Referensi:
https://www.jurnal.id/id/blog/pengertian-dan-pengelolaan-inventaris-adalah