P R O P E R T E K

Loading

Seiring berkembangnya jumlah properti di Indonesia, pengelolaan sebuah properti pun harus dimaksimalkan. Oleh karena hal tersebut, property management atau manajemen properti menjadi wadah bagi pelaku bisnis untuk terus melakukan improvisasi dari sisi pengetahuan, tingkah laku, dan kemampuan dalam mengoptimalkan penggunaan property.

Property management merupakan tugas dari suatu organisasi untuk mengelola harta yang terbatas atas barang berwujud milik individu atau perusahaan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai oleh pemiliknya. 

Adapun jenis-jenis properti seperti rumah tapak (landed house), real estate, apartemen, rumah toko (ruko), office space, dan gudang. Adapun property management memiliki tugas antara lain:

Fungsi Purna Jual

Pengelola memiliki tanggung jawab atas berbagai masalah maupun kerusakan yang terjadi di bangunan yang masih berada di bawah masa garansi. Keuntungan menggunakan property management adalah segala yang sesuatu yang terjadi akan menjadi tanggung jawab mereka dan property management berhak mencari solusi atas permasalahan tersebut.

Fungsi Kontrol Bangunan

Fungsi ini memiliki fokus mengenai kepentingan konstruksi dan juga estetika demi menjaga keseimbangan di setiap wilayah dengan mengatur setiap aktivitas pembangunan dan juga renovasi secara saksama agar berjalan dengan tertib. Property management bisa bekerja sama dengan stakeholder untuk tetap menjaga estetika dan konstruksi yang ada.

Fungsi Kesehatan dan Kebersihan Lingkungan

Fungsi ini memiliki keterkaitan dengan pengawasan dan juga pemeliharaan listrik, telepon, jalan serta saluran air dengan institusi terkait seperti PAM dan PLN. Property management akan berdiskusi dan berhubungan langsung dengan institusi tersebut untuk mencari jalan keluar akan permasalahan yang terjadi.

Fungsi Administrasi

Fungsi ini hadir untuk mendukung fungsi operasional karena membutuhkan administrasi yang baik. Property management akan menerapkan sistem Total Quality Management (TQM) dengan menggunakan standar International Organization for Standardization (ISO). TQM dengan standar ISO memiliki peran sebagai standar internasional dalam menetapkan Standard Operating Procedure (SOP) yang tepat.

Fungsi Konsultan

Property Management juga sebagai konsultan untuk memonitor mengenai perkembangan properti yang ada. Fungsi ini mencakup tenant management dari suatu property. Tenant dalam hal ini sebagai penyewa lahan di suatu properti yang akan menggunakan property management untuk membuka bisnis.

Pada umumnya, nilai properti akan cenderung mengalami kenaikan karena lahan yang semakin terbatas sedangkan permintaan yang bertambah. Memiliki properti akan menjadikan investasi yang menguntungkan. 

Kehadiran property management akan membantu proses perencanaan, pengkoordinasian dan juga pengontrolan sumber daya untuk mencapai tujuan secara efektif dan juga efisien. Keuntungan menggunakan property management tidak semata-mata pada nilai uang tetapi juga status, kewibawaan, peta politik dan juga kepentingan masyarakat.

Sumber : 

Leave a Comment

Member Group of Nusatek.id
Copyright © 2020 Design by PROPERTEK